Pages

Selasa, 23 April 2013

Wasiat Rasulullah saw. kepada Dua Orang Sahabat Agar Memuliakan Ribah bin ar Rabi’


Dikeluarkan ole hath Thabrani dari Ribah bin ar Rabi’ r.a., katanya: Kami berangkat dalam ghuzwah menyertai Nabi saw.. Rasulullah saw. memberikan seekor unta kepada setiap orang dari kami, lalu dua orang akan naik dan seorang akan menuntun unta itu (bergiliran) sewaktu melintasi padang pasir dan menuruni lembah gunung. Rasulullah saw. melewatiku yang sedang berjalan kaki, lalu bersabda kepadaku, “Aku melihat engkau berjalan kaki ya Ribah.”

Aku pun berkata, “Aku baru saja turun dari unta ini dan kedua sahabatku menaikinya.”

Kemudian Rasulullah saw. berjalan melewati kedua orang sahabat itu, lalu mereka mendudukan untanya dan turun. Ketika aku sampai kepada mereka, kedua orang sahabat itu berkata kepadaku, “Naiklah di bagian depan ini dan jangan turun lagi hingga engkau pulang, aku dan sahabatku akan mengikutimu.”

Aku berkata kepadanya, “Mengapa?”

Mereka berkata, “Sesungguhnya Rasulullah saw. bersabda, ‘Sesungguhnya kamu berdua mempunyai seorang teman yang shalih, maka hendaknya kamu memperbaiki pergaulan dengannya.” (al Kanz)
Dikutip dari Kitab Hayatush Shahabah Terjemahan Jilid 2 hal. 523-524, Penerbit Pustaka Ramadhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar