Pages

Selasa, 09 April 2013

Fadha’il Khadijah Ummul Mukminin r.ha.


Dikeluarkan oleh Bukhari dan Muslim dalam kitab al Lu’lu’ wal Marjan, dari Ali r.a. berkata: Aku mendengar Rasulullah saw. bersabda: “Sebaik-baik wanita di dunia pada masanya Maryam binti  Imran a.s. dan sebaik-baik dalam masanya ialah Khadijah r.ha.”

Abu Musa r.a. berkata: “Dari lelaki banyak yang sempurna, dan dari wanita tidak sempurna kecuali Asiyah istri Fir’aun dan Maryam Binti Imran a.s. sedang kelebihan ‘Aisyah dari lain-lain wanita bagaikan kelebihan tsarid (roti kuah) dari lain-lain makanan.”

Abu Hurairah r.a. berkata: “Jibril a.s. dating kepada Nabi saw. dan berkata: ‘Ya Rasulullah itu Khadijah datang membawa bejana berisi makanan dan lauk-pauk atau minuman, maka bila ia telah datang kepadamu sampaikan salam dari Tuhannya dan daripadaku, dan beritakan kepadanya bahwa ia mendapatkan rumah di surga dari mutiara yang lubang dalamnya (bambu) tidak ada ribut dan tidak ada susah payah.’”

Ismail bertanya kepada Abdullah bin Aufa: “Apakah benar Nabi saw. telah memberi tahu kabar gembira pada Khadijah?” jawabnya “Ya, sebuah rumah di surga dari bambu (mutiara yang lubang) tiada hiruk pikuk dan tiada susah payah.”

‘Aisyah r.ha. berkata: “Belum pernah aku cemburu terhadap istri-istri Nabi saw. sebagaimana cemburuku terhadap Khadijah r.ha., padahal aku tidak pernah melihatnya, tetapi Nabi saw. selalu menyebut-nyebut namanya, bahkan adakalanya menyembelih kambing lalu memotong-motong anggotanya untuk diberikan kepada kawan-kawan Khadijah, bahkan pernah aku tegur seakan-akan di dunia tiada wanita, melainkan Khadijah r.ha., lalu Nabi saw. menyebut beberapa kebaikan Khadijah r.ha., dia dahulu begini dan begitu, selain dari itu aku mendapatkan anak daripadanya.”
Anak-anak Nabi saw. dari Khadijah enam, dua laki-laki keduanya meninggal saat bayi (kecil) sedang yang perempuan semua sampai kawin yaitu Zainab r.ha., Ruqayyah r.ha., Ummu Kultsum r.ha., dan Fatimah r.ha., sedang putra Nabi saw. yang bernama Ibrahim dari Mariyah Alqibthiyah.

Aisyah r.ha. berkata: “Datang Halah binti Khuwailid saudara Khadijah ke rumah Rasulullah saw. dan ketika minta izin untuk masuk Nabi saw. mendengar suaranya bagaikan suara Khadijah r.ha., maka berubah muka Nabi saw. lalu bersabda ‘Allahumma Hallah (Ya AllAh itu Halla).’ ‘Aisyah r.ha berkata Maka cemburulah aku dan berkata: Mengapa masih ingat kepada wanita ajuz dari ajuz-ajuz (tua) bangsa Quraisy yang sudah kampong (kempot) pipinya sudah lama mati, dan Allah telah memberimu ganti yang ebih baik dari padanya.”
Di lain riwayat: Nabi saw bersabda “Aku tidak mendapat yang lebih baik daripadanya.”

Dikutip dari Kitab Mutiara Hadits Shahih Bukhari Muslim No.1573-1578 hal. 871-874, Penerbit PT Bina Ilmu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar