Pages

Selasa, 03 September 2013

Memuliakan Anak Yatim dan Menunjukkan kasih Sayang Kepada Mereka


 بسم الله الرحمن الرحيم

Dikeluarkan Oleh Ahmad dari Abu Hurairah r.a. bahwa seorang lelaki mengadu kepada Rasulullah saw. mengenai hatinya yang keras (susah menangis, dsb.). Rasulullah saw. bersabda kepadanya, hendaknya kamu mengusap kepala anak yatim dan memberi makan orang miskin.”

Dalam riwayat Ath Thabrani dari Abu Darda r.a., katanya: Seorang lelaki datang menemui Rasulullah saw. untuk mengadukan keadaan hatinya yang keras, maka Rasulullah saw. bersabda kepadanya, “Apakah kamu suka melembutkan hatimu dan memperoleh keinginanmu? Hendaknya kamu mengasihi anak yatim, mengusap kepalanya dan memberikan makan dari makanan yang kamu makan. Dengan begitu hatimu akan lembut dan keperluanmu dan dipenuhi.”

Dikeluarkan oleh al Bazar dari Basyir bin ‘Aqrabah al Juhaini r.huma., katanya: Aku menemui Rasulullah saw. pada hari uhud, aku pun berkata kepadanya, “Apaka yang sedang dilakukan oleh ayahku?”

Rasulullah saw. menjawab, “Ia telah gugur syahid. Allah merahmatinya.”

Maka aku pun menangis. Rasulullah saw. memegang kepalaku, mengusap-usap rambutku dan mengangkatku ke atas untanya. Rasulullah saw. pun bertanya kepadaku, “Apakah kamu ridha sekiranya aku menjadi ayahmu dan Aisyah sebagai ibumu?”

Dikeluarkan oleh al Bukhari dalam kitab Tarikhnya dari Basyir bin ‘Aqrabah r.huma. sebagaimana dalam al ishabah. Ibnu Mundah dan Ibnu Asakir lebih panjang dari Hadits di atas, sebagaiman dalam al Muntakhab.

Dikutip dari Kitab Hayatush Shahabah Terjemahan Jilid 2 hal. 543, Penerbit Pustaka Ramadhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar