Pages

Rabu, 25 Desember 2013

Perndapat al Aqamah mengenai Hakikat Iman, Dakwah Kepada Iman dan Perkara-Perkara Fardhu


 بسم الله الرحمن الرحيم

Diriwayatkan oleh Hakim dari al Aqamah bin Harits r.a. yang berkata: Aku dan kaumku bartujuh orang datang menemui Rasulullah saw.. Kami mengucapkan salam dan beliau menjawab salam kami itu. Kami berbincang-bincang dengan Rasulullah saw. dan beliau tertarik dengan pembicaraan kami.

Rasulullah saw. bertanya, “Siapa kalian ini?”

Kami menjawab, “Kami adalah orang-orang yang beriman.”

Sabda Rasulullah saw., “Setiap perkata mempunyai hakikat. Apakah hakikat iman kalian itu?”

Kami menjawab, “Lima belas sifat. Lima perkara yang engkau perintahkan kepadda kami, lima hal yang telah diperintahkan oleh utusanmu, dan lima perkara yang menjadi akhlak kami sejak zaman jahiliyyah dan kami masih mengamalkannya, wahai Rasulullah.”

“Apakah lima amalan yang aku perrintahkan kepada kalian?” Tanya Rasulullah saw..

Kami menjawab, “Engkau telah perintahkan kami agar beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, Rasul-Rasul-Nya, serta takdir Allah yang baik maupun yang buruk.”

“Apakah lima perbuatan yang diperintahkan oleh utusanku?” Tanya Rasulullah saw. lagi.

Kami menjawab, “Kami diperintahkan oleh utusanmu agar bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa dan tiada sekutu bagi-Nya dan bahwa engkau adalah hamba sekaligus utusan Allah; mendirikan Shalat; membayar zakat; shaum pada bulan Ramadhan; mengerjakan haji di Baitullah jika kami mampu melakukannya.”

Rasulullah saw. bertanya, “Apakah lima sifat yang masih  menjadi akhlak kalian sejak jaman jahiliyyah?”

Kami menjawab, “Bersyukur ketika mendapat kesenangan; bersabar ketika ditimpa musibah; keras dan berani di medan perang; ridha atas takdir yang ditetapkan Allah; dan  tidak merasa gembira dengan suatu musibah yang menimpah musuh.”

Mendengar penjelasan itu, Rasulullah saw. bersabda, “Kalian adalah orang-orang yang faqih dan sangat beradab, hampir saja kalian serupa dengan nabi-nabi disebabkan sifat-sifat yang begitu indahnya.”

Rasulullah saw.tersenyum kepada kami lalu bersabda lagi, “Aku memberi kalian lima wasiat lagi agar Allah menyempurnakan bagi kalian sifat-sifat kebaikan, yaitu: janganlah kalian mengumpulkan makanan yang tidak akan kalian makan; jangan membangun rumah yang tidak akan kalian tinggali; jangan kalian berlomba-lomba untuk mengumpulkan yang pasti akan kalian tinggalkan di kemudian hari; takutlah kepada Allah yang pada suatu hari nanti pasti kalian akan dikumpulkan di hadapan-Nya dan kepada-Nya kalian akan hadir; hendaklah kalian mencintai alam yang pasti akan kalian tempati dan kekal di dalamnya (akhirat).”

Demikian tertera dalam kitab Kanzul Ummal (1/69)

Diriwayatkan juga oleh Abu Sa’d Naisaburi dalam Syaraful Musthafa dari Al aqamah bin Harits r.a. Diriwayatkan oleh Asakir, Rusyathi dan Ibnu Asakir dari Suwaid bin Harits, ua menukilkan hadits ini dengan panjang lebar. Ini lebih terkenal sebagaimana tercantum dalam kitab al Ishaabah (2/98). Diriwayatkan oleh Abu Nu’aim dalam kitab al Hilyah (9/279) dari Suwaid bin Harits r.a., katanya Aku datang dalam suatu delegasi menemui Rasulullah saw. yang berjumlah tujuh orang. Ketika kami masuk menemui Rasulullah saw. dan berbincang-bincang dengan Rasulullah saw., beliau merasa kagum dengan sifat dan sikap kami yang baik. Rasulullah saw. bertanya, “Siapakah kalian?”

Kami menjawab, “Kami orang-orang yang beriman.”

Rasulullah saw. tersenyum kemudian bersabda, “Setiap ucapan itu mempunyai hakikat. Apakah hakikat ucapan dan keimanan kalian?”

Kami menjawab, “Ada lima belas perkara: Lima perkara di antaranya telah diperintahkan oleh para utusan engkau agar kami mengimaninya, lima perkara di antaranya telah diperintahkan oleh para utusan engkau agar kami mengamalkannya, lima perkara di antaaranya telah menjadi sifat kami di masa jahiliyyah. Kami masih memegangnya kecuali  jika engkau tidak menyukai satu bagian darinya.”

Kemudian ia menyebutkan hadits tersebut dengan makna sama seperti di atas, hanya saja ia menyebutkan: “Dan kebangkitan sesudah mati.” Sebagai ganti kalimat: “Takdir, yang baik maupun yang buruk.” Dan ia juga menyebutkan: “Bersabar pada saat musuh bergembira ria.” Sebagai ganti dari kalimat: “tidak merasa gembira dengan suatu musibah yang menimpa kepada musuh.”

Dikutip dari Kitab Hayatush Shahabah Terjemahan Jilid 1 hal. 134-135, Penerbit Pustaka Ramadhan

Selasa, 24 Desember 2013

Berfikir dan Mengambil Pelajaran Sahabat Abu Raihanah, Abu Dzar dan Abu Darda r.hum


 بسم الله الرحمن الرحيم

Dalam kitab  Az Zuhd, Imam Ibnu Mubarak meriwayatkan dari Dhamrah bin Habib, seorang budak milik Abu Raihanah r.a. ia merceritakan: Suatu hari, Abu Raihanah kembali dari medan perang, kemudian ia makan malam lalu berwudhu dan mendirikan shalat di masjid. Kemudian ia membaca satu surat dan terus-menerus di tempatnya itu hingga adzan Shubuh berkumandang.

Istrinya berkata kepadanya, “Wahai Abu Raihanah, engkau telah berperang hingga kelelahan, sekarang engkau telah kembali, apakah tidak ada bagian bagiku dalam dirimu?

Ia menjawab, “Ada, demi Allah, jika aku menyebutkannya, tentu ada satu hak untukmu dalam diriku.”

Istrinya bertanya lagi, “Lalu apa yang menyebabkan engkau sibuk?”

Abu Raihanah menjawab, “Memikirkan sesuatu yang Allah sifatkan di dalam Jannahnya dengan segala kenikmatannya, sampai aku mendengar adzan Shubuh berkumandang.”

Imam Abu Nu’aim meriwayatkan dalam kitab al Hilyah, dari Muhammad bin Wasi’: Ada seorang lelaki yang berkendaraan dari Bashrah menemui Ummu Dzar r.ha. setelah wafatnya Abu Dzar r.a.. Lelaki itu bertanya kepada Ummu Dzar tentang ibadahnya Abu Dzar.”

Ummu Dzar menjawab, “Pada siang hari ia menyendiri sambil bertafakur.”

Imam Abu Nu’aim meriwayatkan juga dalam kitab al Hilyah dari Aun bin Abdillah: Aku bertanya kepada Umu Darda r.ha., “Amal apa yang utamayang sering dilakukan oleh Abu Darda r.a.?”

Ibunya menjawab, “Tafakur dan I’tibar.”

Imam Abu Nu’aim meriwayatkan juga dalam kitab al Hilyah dari Aun bin Abdillah: Ibunya Abu Darda ditanya, amal apakah yang utama yang sering dilakukan oleh Abu Darda r.a.? maka ibunya menjawab, “I’tibar.”

Dan Imam Abu Nu’aim meriwayatkan bahwa Abu Darda r.a. berkata, “Berfikir sesaat itu lebih baik daripada qiyamulail.”

Abu Asakir meriwayatkan bahwa Abu Darda r.a. berkata, “Pada sebagian manusia memiliki kunci-kunci kebaikan, penutup-penutup keburukan dan bagi mereka itu ada pahala. Dan pada sebagian manusia memiliki kunci-kunci kejahatan, penutup kebaikan-kebaikan dan bagi mereka itu mendapatkan dosa, dan tafakur sesaat itu lebih baik dari qiyamulail.

Dalam kitab al Hilyah Abu Nu’aim meriwayatkan dari Hubaib bin Abdullah: Ada seorang lelaki mendatangi Abu Darda r.a. sebelum ia berangkat ke medan perang, lalu berkata, “Wahai Abu Darda nasihatilah aku.” Maka Abu Darda r.a. menjawab, “Berdzikirlah kepada Allah maka Allah akan mengingatmu pada waktu susah dan apabila engkau menjadi mulia karena suatu perkara dunia maka perhatikanlah apa yang akan terjadi.”
Dikutip dari Kitab Hayatush Shahabah Terjemahan Jilid 2 hal. 676-678, Penerbit Pustaka Ramadhan

Minggu, 22 Desember 2013

Derajat Orang beramar Ma’ruf Nahi Mungkar Pada Hari Kiamat


 بسم الله الرحمن الرحيم

Imam Baihaqi dan Naqas dalam Ma’jamih serta Ibnu Nazar, meriwayatkan dari Waqid bin Salamah dari Ruqasi dari Anas r.a. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Maukah kalian aku kabarkan mengenai kaum-kaum? Mereka itu bukan dari golongan Nabi dan bukan pula para syuhada, tetapi mereka diberikan derajat oleh Allah pada hari Kiamat seperti para Nabi dan para syuhada. Mereka duduk di atas mimbar-mimbar yang bercahaya.”

Para sahabat bertanya, “Siapakah mereka itu ya Rasulullah?”

Rasulullah saw. menjawab, “Mereka adalah orang-orang yang mencintai hamba-hamba Allah semata-mata karena Allah dan mereka mencintai Allah melebihi cintanya kepada hamba-hamba-Nya.”
Aku (Anas) berkata, “Inilah kasih sayang Allah kepada hamba-hamba-Nya, lalu dengan cara bagaimanakah mereka mencintai hamba-hamba Allah semata-mata karena Allah itu?”

Rasulullah saw. bersabda, “Mereka menyeru manusia kepada sesuatu yang disukai Allah dan mencegah manusia dari sesuatu yang dibenci Allah. Oleh karenanya, apabila mereka patuh melaksanakannya, maka Allah swt. Mencintai mereka.”
Dikutip dari Kitab Hayatush Shahabah Terjemahan Jilid 2 hal. 690-691, Penerbit Pustaka Ramadhan

Minggu, 08 Desember 2013

Berita Dari Rasulullah saw. Kepada Umar Tentang Yang Akan Terjadi Di Dalam Kubur


بسم الله الرحمن الرحيم

Ibnu Abi Dunya mengeluarkan hadits dalam kitab Ba’tsa; Abu Syakh dalam kitab As Sunah; Hakim dalam kitab Al Kunna; Baihaqi dalam kitab Azabu Qabri dan selainnya dari Umar r.a., dia berkata: Rasulullah saw. berkata kepadaku, “Wahai Umar bagaimana keadaanmu ketika engkau berada dalam empat dhira’ dari bumi dan lebar dua dhira’ (di dalam kubur), dan engkau melihat Mungkar dan Nakir?”

Lalu Umar r.a. bertanya, “Siapa Mungkar dan Nakir itu?”

Nabi saw. berkata, “Dia adalah dua malaikat dalam kubur, yang menggali kubur dengan kukunya, dan panjang rambutnya, dan suaranya seperti Guntur yang keras, dan sorotan matanya seperti petir yang menyambar, dan mereka membawa gada, jika seluruh ahli bumi berkumpul mengangkat niscaya mereka tidak mampu. Adapun gada kedua malaikat itu lebih ringan dari dari tongkat ini. –sementara di tangan Rasulullah saw. ada tongkat yang di gerak-gerakan – Lalu mereka akan menanyai engkau, apabila engaku tidak bisa menjawab atau engkau lemah menjawab, maka mereka akan memukul engkau dengan satu pukulan yang bisa menjadikan debu.”

Aku berkata, “Wahai Rasulullah! Apakah keadaanku seperti itu?”

Nabi saw. berkata, “Benar.”

Umar r.a. berkata, “Kalau begitu, siapa yang menanggung engkau?”

Sebagaimana diterangkan dalam Kitab Ibnu Katsir juz 8 halaman 121.

Dan Dikeluarkan lagi oleh Said bin Manshur dengan semisalnya, dan Abdul Wahid al Maqdisi di dalam Kitab Tabshir menambahi: Lalu Rasulullah saw. bersabda, “Demi Dzat Yang telah mengutusku dengan perkara yang hak sebagai seorang Nabi, sungguh Jibril telah memberi kabar kepadaku, sesungguhnya akan ada dua malaikat yang akan mendatangi kamu, kemudian mereka akan bertanya kepadamu lalu kamu menjawab, ‘Tuhanku Allah, siapa tuhan kalian?, Muhammad nabiku, siapa nabi kalian?, agamaku Islam, apa agama kalian?’ lalu keduanya berkata, ‘Kami sangat heran! Kami tidak mengetahui, kami diutus untuk kamu atau kamu diutus untuk kami.”

Sebagaimana diterangkan dalam Kitab Riyaadhil An Nadhiiroh juz 2 hal. 34.

Dikutip dari Kitab Hayatush Shahabah Terjemahan Jilid 3 hal. 116-117, Penerbit Pustaka Ramadhan

Selasa, 12 November 2013

Kisah Abu Thalhah al Anshari r.a. Memberi Makan


 بسم الله الرحمن الرحيم

Diriwayatkan oleh Muslim (2/178) dari Anas r.a. katanya: Abu Thalhah r.a. berkata kepada Ummu Sulaim r.ha., “Sesungguhnya aku mendengar suara Rasulullah saw. yang lemah. Aku tahu suara baginda saw. menjadi demikian karena rasa lapar. Adakah kamu mempunyai sesuatu untuk dimakan?”

Ummu Sulaim pin menjawab, “Ya.” Lalu dia mengeluarkan beberapa potong roti yang terbuat dari tepung syair.

Lantas Ummu Sulaim mengambil kain khimarnya (kerudungnya) dan membungkus semua roti itu dengan sebakian kain tersebut. Ia pun memasukkan bungkusan itu ke bawah bajuku (Anas), melilitkan sisa kain itu pada badanku, lalu mengutusku menemui Rasulullah saw..

Aku (Anas) pun membawa bungkusan yang berisi roti itu. Aku dapati beliau saw. sedang duduk di dalam masjid bersama orang banyak, lalu aku berdiri di hadapan mereka. Rasulullah saw. bersabda, “Apakah engkau diutus oleh Abu Thalhah?”

Aku menjawab, “Ya.”

Kemudian beliau saw. bertanya lagi, “Apakah kamu datang untuk mengundang kami menghadiri jamuan makan?”

Aku berkata, “Ya.”

Maka Rasulullah saw. bersabda kepada para sahabat yang duduk bersamanya, “Bangunlah kalian?”

Lalu Rasulullah saw. meninggalkan tempat itu menuju ke rumah Abu Thalhah dengan para sahabatnya. Aku berjalan di depan mereka hingga aku sampai kepada Abu Thalhah dan memberitahunya. Abu Thalhah pun berkaya kepada istrinya, “Hai ummu Sulaim! Sesungguhnya Rasulullah saw. telah datang dengan orang banyak. Dan kita tidak mempunyai makanan yang cukup untuk mereka semua.”

Ummu Sulain pun menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui.”

Abu Thalhah pun pergi hingga bertemu Rasulullah saw. Lalu Rasulullah saw. datang bersama Abu Thalhah. Keduanya masuk ke dalam rumah lalu beliau bersabda kepada Ummu Sulaim, “Bawalah kemari apa saja yang ada padamu, hai Ummu Sulaim.”

Lalu Ummu Sulaim datang dengan membawa roti itu. Rasulullah saw. memerintahkan supaya roti itu dipecah-pecah. Ummu Sulaim pun memeras wadah minyak samin di atasnya, dan memberikan lauk ke dalamnya. Kemudian Rasulullah saw. berdo’a untuk keberkatan makanan itu sepanjang yang dikehendaki Allah. Setelah itu Rasulullah saw. bersabda, “Izinkanlah masuk sebanyak sepuluh orang.”

Para sahabat yang datang itu pun diizinkan masuk sehingga mereka makan dan merasa kenyang. Lalu mereka keluar. Kemudian beliau bersabda lagi, “Izinkanlah masuk sebanyak sepuluh orang.” Sampai semua yang hadir makan dan merasa kenyang. Sedang jumlah mereka adalah tujuh puluh atau delapan puluh orang.

Diriwayatkan juga oleh al Bukhari dari Anas serupa dengan hadits itu, sebagaimana tercantum dalam al Bidayah ( 6/105), juga oleh al Imam Ahmad, Abu Ya’la dan al Baghawi, sebagaimana telah dipaparkan jalur-jalur periwayatan hadits-hadits mereka dan lafaz-lafaz mereka dalam al Bidayah. Dan diriwayatkan juga ole ath Thabrani dan ia menambahkan: Jumlah merka adalah sekitar seratus orang. Sedang para rawi keduanya adalah rawi-rawi sahih.

Dikutip dari Kitab Hayatush Shahabah Terjemahan Jilid 2 hal. 190-191, Penerbit Pustaka Ramadhan

Jumat, 13 September 2013

Beberapa Kisah Para Sahabat Perihal Meminta Izin

 بسم الله الرحمن الرحيم

Dikeluarkan oleh al Baihaqi dari Amir bin Abdullah bahwa hamba perempuannya pergi menemui Umar al Khaththab r.a. bersama dengan anak perempuan az Zubair. Ia berkata, “Bolehkah saya masuk?”

Umar r.a. berkata, “Tidak.”

Hamba perempuan itu pun pulang setelah mendengar jawaban Umar.

Kemudian Umar r.a. kepada hambanya, “Panggillah hambap perempuan itu dan katakan kepadanya agar mengucapkan, ‘Assalamu’alayka! Bolehkah saya masuk?” (al Kanz)

Dikeluarkan oleh Ibnu Sa’ad dari Aslam, katanya: Umar r.a. berkata kepadaku, “Jangan izinkan orang menemuiku dan jangan mengambil apa-apa dari mereka.”
Pada suatu hari, ia melihatku memakai sehelai pakaian baru, lalu ia bertanya kepadaku, “Dari mana kamu peroleh baju itu?”

Aku menjawab, “Ubaidullah bin Umar telah menghadiahkannya kepadaku.”

Umar pun berkata, “Jika diberi oleh Ubaidullah, maka terimalah tetapi jika diberi oleh orang selain darinya, jangan kamu terima.”

Aslam berkata: “Az Zubair datang dan aku berdiri di pintu. Ia telah meminta izin unuk masuk. Aku pun berkata kepadanya, “Amirul mukminin sedang sibuk sekarang.”

Ia pun mengangkat tangannya lalu memukul belakang telingaku satu kali sehingga aku menjerit kesakitan. Aku pun masuk menemui Umar, lalu Umar bertanya kepadaku, “Apa yang telah terjadi padamu?”

Aku menjawab, “Az Zubair  memukulku.” Lalu aku menerangkan kepadanya mengenai yang telah terjadi di antara aku dan Az Zubair.

Umar r.a. berkata, “Demi Allah! Aku akan menemuinya.”

Umar kemudian menyuruhku memanggil az Zubair agar bertemu dengannya. Az Zubair pun masuk, lalu Umar r.a. bertanya, “Mengapa kamu memukul hamba ini?”

Az Zubair berkata, “Ia telah menghalangiku untuk bertemu denganmu.”

Maka Umar r.a. pun berkata, “Benarkah ia berkata kepadamu, ‘Bersabarlah sebentar karena Amirul mukminin sedang sibuk?’. Mengapa kamu tidak menerima alas an yang ia katakan? Demi Allah! Sesungguhnya apabila binatang liar diciderai oleh binatang liar, maka ia akan dimakan oleh binatang liar itu.” Maksudnya, apabila kamu (sahabat nabi yang unggul) turut memukul hamba ini, maka orang awam akan merasa berani untuk memukulnya, menghina dan menyakitinya. Karena perbuatan orang khusus biasanya diikuti oleh orang umum. (al Kanz)

Dikeluarkan oleh al Bukhari dalam al Adab al Mufrid dari Zaid bin Tsabit bahwa Umar bin Khaththab r.a. datang menemuinya pada suatu hari. Umar r.a. meminta izin untuk menemuinya, lalu ia mengizinkannya. Ketika itu tangan hamba perempuannya berada di atas kepala Zaid, sedang menyisir rambut Zaid.

Umar berkata, “Biarkanlah hamba perempuan itu menyisir rambutmu.”

Zaid berkata, “Ya Amirul mukminin! Jika saja engkau mengutus seseorang untuk memanggilku, niscaya aku akan datang menemuimu.”

Umar r.a. berkata, “Sesungguhnya aku berhajat untuk bertemu denganmu (karena itu akulah yang harus mendatangimu).”

Dikeluarkan oleh ath Thabrani dari seorang lelaki. Lelaki itu berkata, “Kami telah meminta izin dari Abdullah bin Mas’ud r.a. untuk masuk menemuinya setelah shalat shubuh, lalu ia mengizinkan kami menemuinya. Ia pun meletakan sehelai kain pada istrinya seraya berkata kepadanya, “Aku tidak suka membuatmu menunggu-nunggu.”

Dari Abu Musa bin Thalhah r.a., katanya: Aku masuk menemui ibuku bersama dengan bapakku. Ketika ia masuk ke dalam, aku pun turut mengikutinya. Ia menahanku dengan tangannya di dadaku lalu mendudukan aku di atas punggungnya. Kemudian ia berkata, “Apakah engkau ingin masuk tanpa izinku?”

Sanadnya Shahih oleh al Hafizh dalam al Fath

Dikeluarkan juga oleh al Bukhari dari Muslim bin Nazir, katanya: Seorang lelaki masuk menemui Huzaifah r.a.. lelaki itu berkata, “Bolehkah aku masuk?”

Huzaifah berkata, “Sesungguhnya matamu telah masuk, sebelum punggungmu masuk?”

Lelaki itu berkata, “Apakah aku juga harus meminta izin dari ibuku apabila aku ingin masuk menemuinya?”

Huzaifah berkata, “Sekiranya kamu tidak meminta izin untuk masuk, mungkin akan terpandang olehmu sesuatu yang tidak menggembirakan kamu.”

Dikeluarkan oleh Ahmad dari Abu Sawid al Abdi, katanya: Kami datang menemui Ibnu Umar lalu duduk di muka pintu rumahnya agar kami diizinkan masuk. Namun izin itu belum aku peroleh juga, Aku pun mengintainya melalui lubang pintu itu. Maka terpandang olehku yang ada di dalamnya.

Ibnu Umar sedang berkeliling ketika aku sedang mengintip itu. Ketika ia mengizinkan kami masuk, maka kami pun masuk dan duduk di dalamnya.

Ibnu Umar berkata, “Siapakah di antara kalian yang barusan mengintip?”

Aku menjawab, “Aku.”

Ibnu Umar berkata lagi, “Apa yang menghalalkan kamu untuk mengintip rumahku?”

Aku berkata, “Kami terlalu lama mendapatkan izin masuk, lalu aku mengintip dari lubang pintu itu secara tak sengaja.”

Ibnu Umar telah bertanya mengenai berbagai hal. Aku berkata, “Ya ayahnya Abdur Rahman! Apakah pendapatmu mengenai Jihad?”

Ibnu Umar, menjawab, “Barang siapa yang berjihad, maka sesungguhnya ia berjihad untuk dirinya sendiri.”

Dikutip dari Kitab Hayatush Shahabah Terjemahan Jilid 2 hal. 562-564, Penerbit Pustaka Ramadhan

Kamis, 12 September 2013

Persaudaraan Antara Kaum Muhajirin dan Kaum Anshar


  بسم الله الرحمن الرحيم

Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Anas r.a.: Bahwa Abdur Rahman bin Auf telah tiba di Madinah. Kemudian Rasulullah saw. mempersaudarakannya dengan Sa’d bin Rabi’ al Anshari r.a..

Sa’d berkata kepadanya, “Wahai Saudaraku, aku adalah orang yang paling banyak harta da Madinah, maka pilihlah olehmu separuh hartaku dan ambillah. Aku juga mempunyai dua orang istri, lihatlah siapa di antara mereka berdua yang engkau sukai, maka aku akan menceraikannya (dan menikahkannya denganmu).”

Abdur Rahman berkata, “Semoga Allah memberkatimu, dalam harta dan keluargamu. Tunjukkan kepadaku arah ke pasar.”

Maka ia pun menunjukkan kepada Abdur Rahman jalan menuju pasar. Sesudah itu, Abdur Rahman melakukan jual beli dan memperoleh keuntungan. Ia kembali dengan membawa sedikit keju dan minyak samim. Lalu Abdur Rahman menetap di sana selama yang dikehendaki oleh Allah swt..

Suatu ketika Abdur Rahman datang dengan pakaian yang masih wangi akibat wangi za’faran. Rasulullah saw. bertanya kepadanya, “Ada apa denganmu, harum begitu?”

Jawabnya, “Wahai Rasulullah! Aku telah menikahi seorang wanita.”

Tanya Rasulullah saw. lagi, “Apa yang engkau berikan sebagai mahar untuknya?”

Jawab Abdur Rahman, “Emas seberat biji kurma.”

Sabda Rasulullah saw., “Buatlah walimah walaupun dengan menyembelih seekor kambing saja.”

Kata Abdur Rahman, “Sungguh, aku melihat diriku sendiri, seandainya saja aku mengangkat sebuah batu, niscaya aku berharap untuk memperoleh emas atau perak.”1

Demikian tercantum dalam kitab al Bidayah (Juz 3, hal. 228). Asy Syaikhan juga meriwayatkannya dari Anas r.a., juga al Bukhari dari hadits Abdurrahman bin Auf r.a. – seperti tercantum dalam al Ishabah (Juz 2, hal. 26); dan Ibnu Sa’d (Juz 3 hal. 89) dari Anas r.a.

Diriwayatkan oleh Bukhari dari Ibnu Abbas r.hum., katanya: Ketika orang-orang Muhajirin baru tiba di Madinah, orang-orang Muhajirin biasa mewarisi (harta) orang-orang Anshar, walaupun di antara mereka tidak ada hubungan kekerabatan sedikit pun, hanya karena mereka telah dipersaudarakan oleh Rasulullah saw.

Ketika turun ayat di bawah ini:

وَلِكُلٍّ جَعَلْنَا مَوَالِيَ مِمَّاتَرَكَ الْوَالِدَانِ وَالْاَقْرَبُوْنَ...

Dan untuk masing-masing (laki-laki dan perempuan) Kami telah menetapkan para ahli waris atas apa yang ditinggalkan oleh kedua orang tuanya dan karib kerabatnya…” (Qs. An Nisa’: 33)

Maka hal itu dihapuskan. Demikian yang terdapatdalam riwayat ini, bahwa yang menghapus hukum saling mewarisi di antara sesama teman sekutu adalah ayat ini. Sebagai tambahan, bahwa  yang menghapuskan adalah turunnya ayat:

وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْامِنۢ بَعْدُ وَهَاجَرُوْا وَجَاهَدُوْامَعَكُمْ فَاُولٰٓئِكَ مِنْكُمْۗ وَاُولُوْا الْاَرْحَامِ بَعْضُهُمْ اَوْلٰى بِبَعْضٍ فِي كِتٰبِ اللهِ ۗ اِنَّ اللهَ بِكُلِّ شَيْءٍعَلِيْمٌ

Orang-orang yang mempunyai hubungan kerabat itu sebagiannya lebih berhak terhadap sesamanya (daripada yang bukan kerabat) menurut kitab Allah. Sungguh, Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (Qs. Al Anfal: 75)

Al Hafizh mengatakan bahwa ayat inilah yang bisa dijadikan sandaran.

Dan bisa jadi penghapusan hukum tersebut terjadi dua kali: Yang pertama, di mana muaqid (orang yang diberi janji) saja yang mewarisi, dan para kerabat tidak.

Kemudian turun ayat: { Dan untuk masing-masing (laki-laki dan perempuan)…}; kemudian mereka semua bisa mewarisi bersama-sama.

Dan dalam hal inilah, hadits Ibnu Abbas r.a. dimunculkan. Kemudian ayat al Anfal menghapus hal itu dan hak warisan dikhususkan untuk kerabat saja, sedang untuk muaqid hanya mendapat hak pertolongan dan pemberian, serta yang semisal itu. Dalam hal inilah, riwayat-riwayat yant tersisa muncul. Menurut riwayat Ahmad, dari hadits Amr bin Syuaib, dari ayahnya, dari kakeknya r.a., semisal hadits itu, seperti tercantum dalam Fath al Bari (Juz 7, hal. 191).

Ibnu Sa’d telah menceritakan dengan beberapa sanad al Waqidi yang sampai kepada segolongan Tabi’in, di mana mereka berkata: Ketika Rasulullah saw. sampai di Madinah, Rasulullah saw. telah mempersaudarakan di antara sesama Muhajirin, dan mempersaudarakan sahabat Anshar dengan sahabat Muhajirin agar mereka saling tolong menolong. Mereka biasa saling memberikan warisan. Jumlah mereka sekitar 90 orang, terdiri dari orang Muhajirin dan Anshar. Dikatakan juga bahwa jumlah mereka adalah 100 orang. Ketika turun ayat: “Orang-orang yang mempunyai hubungan kerabat”, maka batallah hak waris berdasarkan persaudaraan yang telah dibentuk itu. (al Fath [7/191])

_________________________________
1Ini kiasan dari datangnya dunia kepadanya dan banyaknya kekayaanya.


Dikutip dari Kitab Hayatush Shahabah Terjemahan Jilid 1 hal. 486-488, Penerbit Pustaka Ramadhan