Pages

Jumat, 10 Mei 2013

Komentar Rasulullah saw. Tentang Orang Yang Mengadukan Keburukan Mu’amalah Orang Yang Mempunyai Silaturahmi Dengannya


بسم الله الرحمن الرحيم

Dikeluarkan oleh Muslim dari Abu Hurairah r.a. bahwa seorang lelaki berkata, “Ya Rasulullah! Sesungguhnya aku mempunyai kerabat. Aku menghubungkan silaturahmi dengan mereka, tetapi mereka memutuskannya. Aku berbuat baik kepada mereka tetapi mereka berbuat jahat  kepadaku. Aku bersikap ramah kepada mereka, tetapi mereka berbuat kurang ajar kepadaku.”

Rasulullah saw. bersabda, “Jika begitu keadaannya, sebenarnya kamu sedang memasukkan pasir yang panas ke dalam mulut mereka. Allah senantiasa melindungimu selagi kamu bersikap demikian.”

Dikeluarkan oleh Al Bukhari dalam al Adab dari Abu Hurairah seperti itu juga.

Dalam riwayat Ahmad dari Abdullah bin Amr r.huma., katanya: Seorang lelaki datang menemui Rasulullah saw. dan berkata, “Ya Rasulullah..! Aku mempunyai saudara, aku menghubungkan silaturahmi kepadanya, tetapi mereka memutuskannya. Aku memaafkan mereka tetapi mereka menzhalimiku. Aku berlaku baik kepada mereka, tetapi mereka menyakitiku. Apakah aku harus membalas mereka?”

Rasulullah saw. bersabda, “Jika kamu melakukan itu (balas dendam), kamu akan sama dengan mereka. Tetapi kamu hendaknya terus melakukan kebaikan kepada mereka dan menghubungkan silaturahmi dengan mereka, karena sesungguhnya malaikat itu diperintahkan Allah agar senantiasa bersama kamu untuk memeliharamu selagi kamu dalam keadaan demikian.”
Dikutip dari Kitab Hayatush Shahabah Terjemahan Jilid 2 hal. 581-582, Penerbit Pustaka Ramadhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar